Predator

Ikan Payara “Si Vampir Ikan Air Tawar”


Kali ini ikanpredator.net akan mengulas salah satu ikan predator yang juga populer dipelihara di aquarium. Namanya ikan payara sedangkan nama latinya adalah hidrolycus armatus.

Vampir fish adalah nama populernya, sebenarnya ada juga ikan yang berjuluk dengan ikan vampir. Seperti misalnya ikan candiru, candiru adalah ikan predator sungai amazon yang paling berbahaya melebihi piranha.

Jenis Ikan Payara / Vampir Fish (hydrolycus armatus)

Payara namanya, ikan ini memiliki dua gigi seperti taring vampir tapi tidak digunakan untuk menghisap darah lho.

Payara merupakan ikan air tawar yang berasal dari Amerika Selatan. Untuk Jenisnya, ikan vampir payara memiliki 3 spesies diantaranya adalah :

1. Hydrolycus scoberoides


2. Hydrolycus tatauaia

3. Hydrolycus Armatus

Dari ketiga jenis ikan vampir yang sajya jelaskan, payara armatus adalah yang paling besar dari segi postur tubuhnya, pada saat hidup di alam bebas armatus besarnya bisa mencapai 1,5 m, sedangkan bila armatus ini dipelihara di aquarium paling besar hanya 1,1 m.

Di bagian rahang bawah ada sepasang dua gigi yang tajam dan sangat runcing. Dan keunikan dari ikan payara ini adalah tumbunya kembali gigi tersebut jika patah ataupun copot dari rahangnya akibat memangsa, lebih unik lagi jika giginya tidak copot maka dalam waktu 3 bulan akan berganti dengan gigi yang baru.

Cara Merawat Ikan Vampir Payara Armatus Di Aquarium

Penjual ikan payara sangatlah sedikit, pasalnya belum banyak stok ikan yang masuk ke pasar Indonesia, maka dari itu harga ikan payara lumayan mahal, untuk ukuran 8 cm saja bisa mencapai 400 rb itu saja untuk jenis scoberoides.

Sedangkan untuk jenis armatus belum bisa dideteksi berapa harganya. Pasalnya yang masuk indo baru 3 ekor. Nah untuk anda yang berminat memelihara ikan payara haruslah ekstra dalam perawatannya jangan setengah-setengah.

Aquarium haruslah dibuat dan didesain sedemikian rupa seperti dihabitatnya, karena ada beberapa peghobi yang mencoba merawat ikan payara dan berujung dengan kematian karena aquarium tidak didesain sedemikian rupa seperti habitatnya.

Nah berikut adalah beberapa tips cara merawat ikan vampir payara di aquariaum:

  1. Karena ikan ini pertumbuhanya cepat, maka sediakanlah aquarium yang besar.
  2. Jenis filter bio sangat dianjurkan, dan cucilah/bersihkanlah setiap 3 hari sekali kapas filter dan mengganti air setengah aquarium setiap seminggu sekali sangatlah dianjurkan.
  3. Payara pada habitat asalnya hidup dengan arus yang deras dan air yang banyak oksigenya, makanya sediakan aerator yang kencang dan dan arus air yang deras.
  4. Dihabitat asalnya ikan vampir payara hidup pada suhu air 27c – 31c dengan ph sekitar 6,5 hingga 7, membuat air aquarium pada suhu dan ph tersebut sangat disukai payara.
  5. Apabila ikan payara ingin dicampur dengan ikan lain, usahakan yang juga bersifat predator dan seukuran dengannya agar tidak dimakan.
  6. Ikan payara adalah ikan predator yang sangat agresif, untuk makananya adalah pakan hidup karena itu lebih disukainya. Usahakan pula pakan hidup dikarantina terlebih dahulu sebelum dimasukan untuk dijadikan pakan agar ikan payara terhindar dari penyakit bawaan/parasit dari pakan tersebut.

Inilah sedikit info mengenai ikan vampir payara, semoga dapat memberi manfaat bagi pembaca.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *