Predator

Ikan Goliath, Si Gigi Gergaji

Ikan goliatfish, ikan yang satu ini termasuk ke dalam ikan predator, bagaimana tidak dengan melihat gigi tajamnya anda bisa menilainya apakah predator atau tidak.

Makanan ikan ini adalah ikan, katak, serangga, bahkan mamalia kecil, Sekelompok goliath/tigerfish bisa menangkap hewan dengan ukuran apapun, termasuk hewan darat yang berada terlalu dekat di pinggir sungai.

Jika Amerika Selatan punya piranha, Afrika punya ikan serupa yakni goliath/tigerfish. Meski datang dari spesies yang sangat berbeda, kedua ikan tersebut terkenal sangat buas saat sedang memburu mangsanya.

Namun berbeda dengan piranha, goliath/ tigerfish memiliki 32 gigi yang tersusun secara jarang yang saling mengunci antara gigi atas dengan bawah serta tubuh berotot yang didesain untuk bergerak secara cepat.

Uniknya, ikan ini memiliki kantung berisi udara di tubuhnya yang berfungsi sebagai sound receiver. Alat ini mentransmisikan getaran dari air hingga memungkinkan tigerfish mendeteksi akan adanya hewan di sekitar dan mengambil tindakan yang tepat.

Sekelompok tigerfish bisa menangkap hewan dengan ukuran apapun, termasuk hewan darat yang berada terlalu dekat di pinggir sungai. Tigerfish dewasa umumnya berburu dalam kelompok kecil, terdiri dari 4-5 ekor ikan, namun cukup berbahaya. Sebagai gambaran, satu ekor tigerfish bisa menangkap mangsa yang memiliki ukuran sebesar tubuhnya sendiri.

Perawatan:
Yang kita pikirkan pertama adalah aquariumnya, karena kekuatan ikan ini, kecepatan, dan ukuran, tangki sangat besar adalah sangatlah penting.

ketika ia semakin besar, dia akan membutuhkan lebih banyak ruang
Alasan tangki tersebut diperlukan karena ikan ini serius dapat melukai diri sendiri dengan menggesekkan/m enabrakkan tubuhnya karena terlalu kecil daerah. Untuk hiasan aquarium seperti batu, benda tajam, dan benda keras lainnya harus ditinggalkan. Seekor ikan goliath bisa saja melukai dirinya sendiri jika melalui benda sekeras batu atau sejenisnya yang tajam Hal ini terutama terjadi ketika mereka berburu. Ketika menyerang mangsanya, mereka cenderung untuk bergerak cepat dengan kekuatan penuh. Sehingga beresiko terluka jika tank kecil.
Standar aquarium memiliki Pencahayaan standar, pemanasan dan filtrasi jelas diperlukan. Berikan penutup yang baik di bagian atas tangki. Ikan ini adalah pelompat yang sangat berani jika mereka stress .
Jauhkan bahan kimia dalam air dengan . Nitrit dan nitrat harus konsentrasi nya menjadi nol percobaan, dan cobalah untuk menjaga pH stabil di antara 7,2-7,6.

Jangan lupa kuras air setiap minggu dan bersihkan semua sisa kotoran. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *