Alligator · Predator

Jenis-Jenis Ikan Alligator si Ikan Buaya

Sudah pernah melihat ikan alligator atau ikan buaya? Namun seiring berkembangnya zaman, ikan buaya kini memiliki varian jenis beragam dan setiap jenisnya memiliki keunikan masing-masing, dimana varian baru merupakan hasil persilangan dari berbagai jenis ikan aligator.

Diantara jenis-jenis ikan aligator yang akan kami bahas pada kesempatan kali ini adalah.

1. ALLIGATOR GAR (ATRACTOSTEUSSPATULA)

Dari berbagai jenis ikan aligator yang ada ikan Alligator Gar merupakan jenis ikan buaya terbesar, yakni bisa mencapai panjang hingga 3 meteran. Waw?

Selain ukurannya yang besar ikan Alligator Gar juga memiliki bobot yang terbilang berat yakni 140 kg.

Meskipun ukuran dan bobotnya yang jumbo, ikan aligator terbesar ini kini banyak dipelihara oleh kolektor sebagai hewan peliharaannya.

Jika dilihat berdasarkan penemuan fosilnya, ikan Alligator Gar ini dulunya merupakan ikan yang banyak tersebar di empeta benua, yaitu Amerika Tengah, Amerika Utara, Eropa, dan Asia.

Meskipun berasal dari berbagai benua namun keluarga ikan aligator yang masuk dalam kategori ikan ini hanya di batasi menjadi tujuh jenis yang berasal dari Amerika utara dan Tengah.

Saat ini ikan Alligator Gar ini dilindungi karena jumlah populasinya yang terus menurun karena penangkapan secara berlebihan, serta beberapa proyek pembangunan di sekitar habitat ikan aligator yang membuat mereka harus bermigrasi ke sungai atau perairan lain yang lebih tenang.

2. TROPICAL GAR (ATRACTOSTEUS TROPICUS)

Ikan Tropical Gar (Atractosteus Tropicus) banyak ditemukan di perairan tropis Amerika mulai dari Meksiko hingga perairan di Kostarika.

Seperti jenis ikan aligator lainnya, ikan Tropical Gar merupakan ikan air tawar yang memiliki ukuran jumbo, yaitu beratnya mencapai 3 kg. Sedangkan untuk panjangnya ikan ini bisa mecapai panjang 1,25 meter jika hidup di habitat aslinya.

Ikan Tropical Gar memiliki kemiripan dengan aligator gar longsone, baik dari segi warna maupun dalam segi bentuk. Hanya saja yang membedakan diantara keduanya adalah bentuk dari kedua moncong ikan ini.

Ikan Tropical Gar biasa hidup di perairan air tawar seperti danau, dan sungai-sungai yang memiliki aliran air yang tenang dan lambat.

3. SPOTTED GAR (LEPISOSTEUS OCULATUS)

Ikan Spotted Gar (Lepisosteus Oculatus) atau yang banyak disebut sebagai ikan aligator tutul atau tutul gar.

Sesuia dengan namanya ikan ini memiliki sisik dan corak warna yang menyerupai dengan macan tutul.

Jika dibandingkan dengan jenis ikan aligator lainnya ikan Spotted Gar (Lepisosteus Oculatus) merupakan ikan jenis aligator yang paling kecil. Kenapa?

Jika dilihat dari segi ukurannya ikan ini memiliki panjang tubuh yang berkisar antara 0,6-0,9 meter, sedangkan untuk beratnya ikan ini memiliki bobot antara 1,8-2,7 Kilogram.

Seperti ikan jenis aligator lainnya ikan ini memiliki usia yang cukup panjang, yakni mencapai maksimal 18 tahun dan yang berumur panjang biasanya berjenis kelamin jantan.

Habitat asli dari ikan Spotted Gar adalah perairan dangkal dan tenang di Amerika Utara, kemudian di aliran sungai Ontario yang dibagian selatan berlanjut ke sungai Nueces, Texas kemudian menuju pantai utara yakni Teluk Meksiko serta sebagian di sungai Florida.

4. LONGNOSE GAR (LEPISOSTEUS OSSEUS)

Ikan Longnose Gar adalah satu diantara ikan aligator yang memiliki ukuran jumbo, yakini dengan panjang berkisar antara 0,71-1,2 meter bahkan ikan Longnose Gar pernah ditemukan dengan panjang mencapai 1,8 meter.

Sedangkan untuk berat ikan ini bisa mencapai hingga 25 kg. Diantara jenis ikan aligator lainnya ikan Longnose Gar memiliki usia yang paling panjang, yaitu maksimal 39 tahun.

Ikan Longnose Gar biasa mendiami perairan yang ada di Amerika Utara, Tengah, Kuba serta kepulauan Pines.

Konon ikan ini telah mendiami perairan Amerika Utara sejak 100 juta tahun yang lalu, waw?

Namun jika dilihat dari penemuan fosil, ikan Longnose Gar dulunya pernah mendiami 4 benua besar, yaitu Afrika, Asia, Eropa dan Amerika.

Karena perubahan iklim dan lain-lain akhirnya ikan ini bermigrasi dan mendiami perairan Amerika utara dan tengah.

5. CUBAN GAR (ATRACTOSTEUS TRISTOECHUS)

Aligator Kuba atau Kuba gar merupakan satu diantara jenis ikan hias air tawar yang masih satu keluarga dengan Lepisosteidae.

Sesuai dengan namanya ikan ini pertama kali ditemukan di Western Kuba dan Isla de la Juvented.

Dari sekian jenis ikan aligator, aligator kuba merupakan jenis ikan aligator paling kecil yaitu berkisar antara 100-200 cm.

Jika daging dan telur ikan aligator lainnya bisa dikonsumsi, berbeda halnya dengan aligator yang satu ini. Dagingnya bisa bisa dimakan namun telonya mengandung racun bagi manusia.

Ikan ini bias hidup di perairan tenang dan tawar seperti di danau-danau dan sungai-sungai yang beraliran tenang. Dengan temperatur suhu 180-230 Celsius.

6. FLORIDA GAR (LEPISOSTEUS PLATYRHINCUS)

Ikan aligator Florida adalah satu diantara jenis ikan aligator yang lahir dan besar di Amerika Serikat.

Ikan ini dulu banyak ditemukan di sungai Savannah dan sungai Ochlockonee, Georgia dan seluruh semanjung Florida. Inilah yang menjadi alasan mengapa ikan ini disebut dengan aligator Frorida.

Ikan ini memiliki ukuran panjang hingga mencapai 91 cm, namun pada umumnya ikan ini ditemukan dengan panjang antara 52-132 cm dengan berat antara 1,36-4,36 kg.

Meskipun begitu ikan ini pernah ditemukan dengan ukuran 10 kg.

Sama halnya dengan ikan aligator lainnya ikan ini biasa hidup diperairan tenang dan danau-danau.

Jika moncongnya dilihat secara sekilas ikan ini hampir mirip dengan Aligator tutul. Yang membedakan antar keduanya adalah panjang moncong yang dimiliki ikan aligator tutul lebih panjang dibandingkan aligator Florida.

7. SHORTNOSE GAR (LEPISOSTEUS PLATOSTOMUS)

Ikan Aligator Shortnose merupakan satu diantara ikan hias air tawar yang termasuk keluarga Lepisosteidae.

Ikan ini berasal dari Amerika Serikat dan hidup di sungai Mississippi dan Missouri, di barat di mulai dari Montana hingga ke timur sungai Ohio.

Ikan Shortnose Gar hidup di perairan yang berarus tenang dan danau-danau.

ikan Aligator Shortnose memiliki panjang 60 cm namun ikan ini pernah ditemukan dengan panjang 88 cm. Sedangkan beratnya bisa mencapai hingga 4 kg.

Dagingnya bisa dikonsumsi oleh manusia. Sedangkan telurnya, jangan sekali-kali Anda mencobanya kecuali jika Anda ingin keracunan.

PAKAN

Ikan ini merupakan ikan karnivora yang memakan udang, serangga seperti jangkrik, belalang dan hewan air lainnya yang ukurannya lebih kecil.

Sedangkan bagi ikan aligator muda makanan terbaiknya di alam bebas adalah plankton dan jentik-jentik nyamuk. Dan untuk ikan aligator yang hidup di akuarium Anda bisa memberikannya cacing tanah atau anakan ikan.

Demikianlah 7 jenis ikan aligator yang bisa kami uraikan, masih banyak jenis ikan aligator lainnya yang belum bisa kami sampaikan pada kesempatan kali ini. Semoga bermanfaat bagi kita semua.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *