Arwana · Predator

Macam-Macam Ikan Tankmate Arwana

Arowana / Arwana adalah ikan yang bersifat soliter yang umumnya dipelihara secara individual dalam akuarium. Tetapi, untuk menghindari kejenuhan dalam memelihara arwana dan menghindari stress pada arwana, para hobiis ikan sering menyatukan dengan ikan lain baik dengan jenis arwana sejenis maupun jenis yang lain juga maupun dengan jenis ikan hias yang lainnya.

#KELEBIHAN DAN KEKURANGAN COMMTANK

Kelebihan ikan commtank adalah kita tidak perlu menyediakan jumlah akuarium yang banyak dengan semakin banyaknya koleksi ikan arwana kita. Tetapi, ada beberapa kekurangan dari ikan commtank mengingat arwana adalah ikan yang bersifat soliter dimana tiap individu memiliki daerah kekuasaannya sendiri sehingga agak sulit untuk memelihara arwana yang 100% dalam kondisi mulus. Karenanya disarankan mencari arwana yang masih dalam satu partai atau satu angkatan untuk meminimalisir kemungkinan berkelahi sesamanya. Yang kedua, adalah masalah penyakit pada ikan. Jika ada dalam kelompok ikan yang terkena penyakit maka kita haruslah jeli dan cepat mengangkat/mengisolasi ikan yang sakit tersebut untuk dikarantina, karena jika terlambat saja dapat berakibat fatal bagi seluruh ikan yang ada didalam akuarium. Jika kita sudah mempersiapkan segala sesuatunya dengan baik sudah pasti kemungkinan-kemungkinan tersebut dapat diantisipasi.

#TANKMATE / TEMAN IKAN

Nah, Apa saja jenis ikan hias yang cocok dipelihara bersama arwana? Arwana adalah tipe ikan surface dweller atau berenang diatas permukaan air. Untuk itu pilihlah ikan yang umumnya berenang di daerah bawah akuarium (bottom dweller) sehingga kemungkinan untuk berkelahi antar ikan dapat diminimalisir. Ukuran ikan pun harus diperhatikan karena jika tidak sesuai maka ikan lainnya akan dilahap oleh arwana karena akan dianggap sebagai pakan/umpan. Pilih juga jenis ikan yang hidup di suhu dan pH yang sesuai dengan ikan arwana. Selain itu perlu dipastikan tersedianya pasokan oksigen yang cukup dan memadai dan sistem filtrasi yang bagus. Pemberian pakan jangan sampai telat agar tidak ada kemungkinan tankmate itu akan saling menyerang. Berikut ini beberapa jenis ikan hias yang dapat dijadikan tankmate atau dapat disatukan dengan Arwana.

1. Kapiat Bangkok

Ikan Kapiat bangkok adalah ikan yang paling umum dan sering sekali disatukan dengan arwana. Bentuknya seperti wajig dengan ekor berwarna hitam atau kemerahan, sedangkan jenis kapiat albino berwarna putih kekuningan dengan mata berwarna merah. Ikan kapiat juga berfungsi sebagai cleaning service dikarenakan ikan ini akan melahap sisa sisa makanan dari arwana itu sendiri seperti jangkrik. Tapi ingat ya ukurannya harus sesuai lho.

2. Silver Dollar

Ikan silver dollar yang berbentuk bulat dengan warna keperakan cocok untuk disatukan dengan arwana yang masih kecil. Ikan ini juga memakan remahan arwana dan tidak bersifat jail. Satukan lima ekor silver dollar dengan ikan arwana anda untuk menghindari stress pada arwana.

3. Pari Motoro

Pari motoro atau pari hias dengan corak beraneka ragam juga sangat populer untuk dijadikan tankmate arwana. Disamping harganya yang cukup tinggi ikan ini juga memiliki keindahan corak yang sangat menawan, Ikan ini cocok disatukan dengan arwana dikarenakan ikan ini termasuk jenis bottom dweller atau berada dibawah permukaan bahkan selalu di dasar air.

4. Ikan Manfish

Ikan berbentuk segitiga ini dapat dijadikan tankmate bagi ikan predator saat ukuran kecil, selain coraknya yang bagus ikan ini tidak agresif dan ikan predator tidak terlalu tertarik memakannya karena bentuk ikan ini.

Itu saja ikan yang dapat dijadikan tankmate dengan Arowana, Semoga bermanfaat bangi anda semua.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *